Pemutaran Film Senyap Di IAINU Kebumen


film senyap
Kebumen – Film Senyap yang disutradarai oleh Joshua Oppenheimer, menceritakan tentang kesenyapan peristiwa 65 atau lebih tepatnya dan pembantaian massal 65 di Indonesia yang membunuh sejuta manusia tanpa proses pengadilan dan pembuktian. Kini kesaksian korbanmulai diungkap.
“Maksud film ini sederhana yaitu ingin mengangkat kebenaran sejarah, tanpa tendensi balas dendam. Dalam film ini korban terlihat tegar dalam menghadapi para pembunuh keluarganya. Hanya satu yang diharap, penyesalan dan kata maaf, itu saja sudah cukup” Tutur Puput Juang penyelenggara.
Film Senyap yang telah diputar secara serentak pada tanggal 14 Desember 2014 kembali diputar atas kerjasama komunitas Kedung dengan Teater Gerak IAINU Kebumen. Dalam film itu para pelaku pembunuhan genoside 65 dengan fulgar membeberkan kebiadaban mereka terhadap korban 65. “Setelah membunuh kami akan meminum darah korban, supaya tidak gila?, Kenapa?, Karena saking banyaknya yang kami bunuh.” Tutur salah seorang koordinator pembunuhan yang kini berusia 82 tahun dalam film tersebut.
Nonton film bareng ini dihadiri oleh aktifis dari berbagai elemen masyarakat di KebumenGuruSejarah SMAN 1 Kebumen, Aris Panji aktifis sosial dan Mustolih dari lembaga Riset yang diundang sebagai pembicara, Ahmad Munawir aktifis, dan elemen mahasiswa yang berada di Kebumen.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar