No
|
Materi-Materi MAPABA
|
Status
|
Waktu
|
1
|
Mahasiswa dan Tanggungjawab
Sosial
Memberikan pemahaman mengenai
tanggungjawab sosial, posisi, dan fungsi mahasiswa sebagai kelompok sosial
maupun individu dalam konteks kebangsaan
Membangun kesadaran Mahasiswa sebagai
agens social dan generasi bangsa
(1)
Pengertian
Mahasiswa
(2)
Peran
dan posisi mahasiswa dalam sejarah Indonesia (1908 s.d. 1998)
(3)
Keberadaan
mahasiswa dan tantangannya dalam sistem Ekonomi? Sosial? Politik?
(4)
Nilai
penting PMII sebagai wadah pendukung mahasiswa untuk berprestasi dan ruang
kaderisasi pemimpin bangsa kedepan
|
Wajib
|
150
Menit
|
2
|
Keorganisasian PMII
(Ke-PMII-an)
Peserta memahami profil PMII sebagai
organisasi Pergerakan, konstitusi dan tertib administrasi PMII.
Membangun keyakinan anggota untuk ber
PMII
(1)
Sejarah singkat PMII
(2)
Pengertian
PMII sebagai organisasi Pergerakan.
(3)
Visi
Misi dan AD/ART PMII.
(4)
Struktur
dan format organisasi PMII dari Rayon hingga PB
(5)
Arti lambang dan Mars PMII
|
Wajib
|
150
Menit
|
3
|
Kelembagaan Kopri
Peserta memahami konstruksi sosial
gender dan sistem kelembagaan aktivis perempuan di PMII.
Membangun pribadi anggota PMII yang
sensitive gender dan berpegang teguh pada nilai2 keislaman
(1)
Sejarah
dan Sistem kelembagaan Korp PMII Putri (KOPRI) yang diatur dalam AD/ART dan
PO
(2)
Tujuan
KOPRI
(3)
Format
kaderisasi penunjang (non formal) KOPRI
|
Wajib
|
150
Menit
|
4
|
Nilai Dasar Pergerakan
Peserta memahami perangkat nilai dasar
yang menjadi pijakan pergerakan PMII.
Membangun keyakinan anggota terhadap NDP
PMII sebagai perangkat nilai ideal dan mendorong pengamalannya dalam
keseharian bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.
Fungsi
dan Kedudukan NDP dalam PMII
2.
Rumusan
dan Filosofi NDP PMII
3.
Membumikan
NDP PMII dalam keseharian bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Wajib
|
150
Menit
|
5
|
Keislaman
Peserta memahami sistem pengamalan dan
penghayatan ajaran Islam Ahlu al-Sunnah
Wa al-Jama’ah di tengah ruang sosio-kultural Indonesia.
Menanamkan nilai-nilai islam yang
rahmatan lil alamin kepada anggota (yang toleran, moderat, memperjuangkan
keadilan dan mengedepankan musyawarah)
1.
Latar
belakang sosio-kultural Islam Indonesia.
2.
Nilai-nilai
universal ajaran Islam.
3.
Aqidah
Ahlu al-Sunnah Wa al-Jama’ah
sebagai sistem pengamalan dan penghayatan ajaran Islam.
|
Wajib
|
240
Menit
|
6
|
Sejarah Bangsa Indonesia
Peserta mampu memahami proses
pembentukan negara-bangsa (nation-state)
Indonesia serta posisi Indonesia dalam perkembangan konstalasi internasional.
Meneguhkan semangat keindonesiaan
anggota
1.
Akulturasi
nilai (budaya dan agama) diberbagai wilayah di Indonesia
2.
Posisi
Indonesia pada masa kolonialisme.
3.
Pengaruh
Eropa dan Arab terhadap gagasan negara-bangsa Indonesia.
4.
Pancasila
dan Posisi Indonesia di Era Perang Dunia II (1939–1945), diawal-awal
proklamasi kemerdekaan, ancaman agresi militer belanda dan dinamika Negara
baru (1945-1959) dan Perang Dingin (1946 – 1991)
|
Wajib
|
150
Menit
|
7
|
Kajian Disiplin Ilmu
Fakultas/Jurusan
Memberikan support dan tambahan
argumentasi bagi peserta untuk serius dalam menekuni disiplin ilmu yang
dipilih di Perguruan Tinggi.
Membangun keyakinan anggota bahwa ber
PMII akan sinergi dengan prestasi perkuliahan
(1)
Materi
Fakultatif (tergantung dari jurusan/fakultas darimana calon anggota berasal).
(2)
Posisi
dan fungsi strategis disiplin ilmu yang bersangkutan dalam kehidupan
kontemporer.
(3)
Posisi
dan fungsi strategis disiplin ilmu yang bersangkutan bagi pergerakan.
|
Wajib
|
150
Menit
|
8
|
MUATAN
LOKAL – Sejarah PMII Lokal
Peserta memahami peran dan peristiwa
penting PMII di lingkungan Cabang, Komisariat dan Rayon setempat.
Membangun keyakinan anggota bahwa ber
PMII = bersilaturahim dan menjadi keluarga besar PMII di rayon, komisariat,
cabang hingga tingkat nasional
1.
Proses
kelahiran dan perkembangan PMII setempat.
2.
Peranan
dan aktivitas PMII di lingkungan kampus dan masyarakat setempat.
3.
Tokoh-tokoh
PMII setempat dan peran strategis mereka.
4.
Pokok
bahasan lain yang dipandang relevan.
|
Wajib
|
150
Menit
|
9
|
Antropologi Kampus
a. Tujuan
Peserta memahami dinamika akademik
kampus dan PMII di lingkungan kampus.
b. Target
Membangun keyakinan peserta, bahwa ber
PMII = menjadi insan akademik, tokoh intelektual
c. Pokok Bahasan
1.
Pemetaan
dinamika keorganisasian di kampus
2.
Pemetaan
potensi dan penguasaan organisasi intrakampus
3.
Pokok
bahasan lain yang dipandang relevan.
|
Pilihan
|
150
Menit
|
10
|
General Review, RTL dan
Konseling
Tujuan
Meninjau
ulang keseluruhan materi yang telah disampaikan dalam MAPABA dan mengamati
pemahaman peserta terhadap materi secara umum, serta merancang
kegiatan-kegiatan tindak lanjut (follow
up) yang bersifat small group, large group, maupun individual.
|
Wajib
|
150
Menit
|
KURIKULUM PKD
No
|
Materi-Materi PKD
|
Status
|
Waktu
|
1.
|
Aswaja Sebagai Manhaj Al-Fikr wal Harokah
a. Tujuan
Peserta memahami sejarah munculnya ASWAJA dan menempatkan ASWAJA
sebagai metodologi berpikir dan bergerak untuk memperjuangkan ajaran Islam
yang benar. Dengan materi ini peserta juga diharapkan mampu menjalankan
amaliyah keagamaan yang sesuai dengan ajaran ASWAJA.
b.
Target
Meyakini aswaja sebagai doktrin dalam berpikir dan bergerak memperjuangkan
islam yang rahmatan lil alamin.
c.
Pokok Bahasan
1)
Latar
belakang sosio-politik dan sosio-kultural kemunculan Ahlu al-Sunnah Wa
al-Jama’ah dan proses pelembagaan madzhab.
2)
Ahlu
al-Sunnah Wa al-Jama’ah sebagai doktrin.
a.
Sanat
keislaman dalam ajaran yang benar, yang dijalankan oleh Rosululloh SAW dan
para Sahabat, Tabiin, Tabiin-tabiin, ulama, dst.
b.
PMII
sebagai organisasi pewaris otoritas sanat ajaran islam yang benar, didirikan
oleh ulama dan mendapatkan mandate untuk memperjuangkan islam ASWAJA dikampus
3)
Ahlu
al-Sunnah Wa al-Jama’ah sebagai Manhaj al-Fikr (metode pikir) dan sebagai
Manhaj Al-Harokah (metode gerak)
a.
Memahami
dan melanjutkan perjuangan para ulama dalam berdakwah dan menyikapi
permasalahan bangsa
b.
Menjadi
tauladan dalam spiritualitas, intelektualitas, dan dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Wajib
|
150 Menit
|
2.
|
Strategi Pengembangan PMII
a. Tujuan
Peserta mampu memahami strategi
pengembangan organisasi PMII di lingkungan kampus dan di tengah masyarakat.
b.
Target
Membentuk kader yang siap berjihad mengembangkan PMII
dikampus-kampus
c.
Pokok Bahasan
1.
Memahami
lingkungan organisasi PMII (masjid, kampus dan pesantren)
2.
Strategi
gerakan PMII (kuasai masjid kampus, kuasai lembaga intrakampus dan sinergi
dengan pesantren dan alumni pesantren dalam memaksimalkan rekruitmen anggota.
3.
Menghidupkan
aktivitas keagamaan dikampus – pengajian dan majelis2
4.
Menghidupkan
aktivitas intelektual dikampus – forum kajian dan lembaga pers mahasiswa
5.
Menghidupkan
aktivitas pengabdian masyarakat dilingkungan kampus dan sekitar kampus –
berjejaring dengan pemuda RT/RW/kelurahan dan tokoh agama sekitar kampus
6.
Menghidupkan
aktivitas berbasis hobi, minat dan bakat mahasiswa
|
Wajib
|
150 Menit
|
3.
|
Antropologi dan Pengorganisiran Kampus
a. Tujuan
Peserta mampu memahami kampus sebagai
medan strategis yang menjadi perebutan kelompok-kelompok politik dan
ideologis.
b.
Target
Membentuk kader yang siap berjihad mengembangkan PMII
dikampus-kampus dan mampu melakukan pengorganisiran kekuatan kampus.
c.
Pokok Bahasan
1.
Ilmu
bumi kampus
2.
Kampus
sebagai institusi strategis saat ini dan masa depan
3.
Strategi
menggalang kekuatan di dalam kampus
4.
Prinsip-prinsip
dan teknik melakukan pengorganisiran kampus
|
Wajib
|
150 Menit
|
4.
|
Pengelolaan Opini dan Gerakan Massa
a. Tujuan
Peserta memahami nilai strategis opini
dan gerakan massa bagi misi perjuangan PMII.
b.
Target
Membentuk kader yang cerdas memahami opini kontemporer dan membangun
gerakan
c.
Pokok Bahasan
1.
Pola
hubungan antara opini serta isu dengan sikap dan perilaku massa
2.
Opini
dan mobilisasi massa sebagai bagian dari metode perjuangan
3.
Strategi
dan teknik mengelola opini dan propaganda ke basis massa
4.
Strategi
dan teknik menggalang massa dan menggerakkannya untuk sebuah misi pergerakan
|
Pilihan
|
150 Menit
|
5.
|
Paradigma PMII
a. Tujuan
Peserta memahami dan menginternalisasi
cara pandang PMII dalam melihat kenyataan atau medan gerak yang dihadapi dan
mampu memposisikan diri berada dalam sebuah medan gerak, menemukan fungsi
dari posisi tersebut untuk menjalankan missi pergerakan.
b.
Target
Membentuk kader yang matang memahami dinamika yang berkembang
dilingkungan kampus, masyarakat dan bangsa dengan basis paradigm PMII
c.
Pokok Bahasan
1.
Pengertian
Paradigma dan pilihan paradigmatik PMII
2.
Kenyataan
masyarakat sebagai basis paradigm
3.
Paradigma
sebagai salah satu landasan strategi dan taktik gerakan
|
Wajib
|
240 Menit
|
6.
|
Analisis Sosial
a. Tujuan
Peserta memiliki perangkat konseptual
untuk memahami dinamika masyarakat di tingkat lokal, nasional dan global.
b.
Target
Membentuk kader yang matang memahami dinamika yang berkembang
dilingkungan kampus, masyarakat dan bangsa
c.
Pokok Bahasan
1.
Kenyataan
sosial sebagai medan gerakan PMII
2.
Prinsip-prinsip
dan model analisis social
|
Pilihan
|
150 Menit
|
7.
|
Analisis Wacana
a. Tujuan
Peserta memahami fungsi strategis wacana
bagi missi pergerakan dan mampu menempatkan wacana sebagai bagian dari
strategi dan taktik gerakan.
b.
Target
Membentuk kader yang matang memahami dinamika wacana yang
berkembang, baik dilingkungan kampus, masyarakat dan bangsa maupun wacana
internasional.
c.
Pokok Bahasan
1. Pengertian teoritik dan konseptual
wacana
2. Prinsip dan metode analisis wacana
3. Menganalisis kepentingan di balik wacana
4. Wacana sebagai alat bagi missi
pergerakan
|
Pilihan
|
150 Menit
|
8.
|
Nahdhotun Nisa
a.
Tujuan
Peserta memahami
konsep tauhid dalam islam sebagai basis trasformasi menuju keadilan sosial dan
keadilan gender.
b.
Target
Membangun semangat gerakan perempuan yang islami.
c.
Pokok bahasan
1. Islam mengakui eksistensi kaum perempuan sebagai manusia
2. Islam mengakui hak perempuan sama dengan hak laki2 dalam hal
pengabdian kepada agama, nusa, dan bangsa
3. Islam mengakui adanya perbedaan fungsi antara laki2 dan perempuan yang
disebabkan perbedaan kodrati
4. Ajaran islam menempatkan perempuan pada posisi yang setara dengan
laki2 dalam realitasnya mengalami distorsi akibat pengaruh kondisi sosial dan
budaya
5. Peran domestic perempuan merupakan amanah dalam ajaran Islam
|
Wajib
|
150 Menit
|
9.
|
Studi Advokasi dan Pendampingan Masyarakat
a. Tujuan
Peserta memahami proses penyusunan
kebijakan, ragam kebijakan dan besaran alokasi anggaran dalam program-program
pemerintah dan mampu mengambil posisi terhadap kebijakan-kebijakan tersebut
dalam advokasi dan pendamping-an masyarakat.
b.
Target
Membentuk kader yang militan dan peka terhadap kebijakan pemerintah
dan kebutuhan masyarakat
c.
Pokok Bahasan
1. Pengertian advokasi
2. Proses serta mekanisme penyusunan
kebijakan dan pengalokasian anggaran dalam setiap kebijakan
3.
Advokasi
dan pendampingan masyarakat sebagai salah satu bentuk strategi pergerakan
|
Wajib
|
150 Menit
|
10.
|
Peta Gerakan Islam di Indonesia
a. Tujuan
Peserta memahami dinamika
dan pertarungan ideology gerakan islam di Indonesia .
b.
Target
Membentuk kader yang militan dan peka terhadap modus gerakan
fundamentalisme dan radikalisme islam yang tidak sesuai dengan ajaran
ahlussunnah wal jamaah.
c.
Pokok Bahasan
1. Sejarah masuk dan berkembangnya ajaran
islam di nusantara
2. Sejarah lahirnya ormas-ormas islam di
Indonesia, isu dan agenda perjuangan dari masing-masing ormas tersebut
3. Perkembangan ajaran dan gerakan
ormas-ormas islam
4. Pemetaan kawan dan lawan sesuai dengan
ajaran ASWAJA, Pancasila dan NKRI
|
Wajib
|
150 Menit
|
11.
|
Teknik Lobi dan Membangun Jaringan
a.
Tujuan
Peserta memiliki perspektif human relation dari yang bersifat
kenal-emosional semata, menjadi hubungan strategis dalam konteks
pergerakandan mampu meletakkan agenda pergerakan dalam berjejaring.
b.
Target
Membentuk kader yang ahli berdiplomasi
dan bernegosiasi
c.
Pokok
Bahasan
1.
Nilai
strategis jaringan sebagai perangkat gerakan
2.
Teknik
lobby dan strategi berjejaring
3.
Menempatkan
missi gerakan dalam lobby dan berjejaring
|
Pilihan
|
150 Menit
|
12.
|
General Review, RTL dan Konseling
a.
Tujuan
Meninjau
ulang keseluruhan materi yang telah disampaikan dalam PKD dan mengamati
pemahaman peserta terhadap materi secara umum, serta merancang
kegiatan-kegiatan tindak lanjut (follow
up) yang bersifat small group, large group, maupun individual.
b.
Target
Mendisiplinkan kaderisasi dalam followup dan penugasan kader
c.
Pokok Bahasan
1.
Memadukan kesimpulan-kesimpulan bersama
yang telah disusun di setiap akhir sesi.
2.
Pemahaman peserta terhadap materi-materi
PKD secara umum
3.
Merancang kegiatan tindak lanjut (Follow up)
4.
Penugasan peserta untuk mendapatkan
sertifikat PKD
a.
Melakukan rekruitmen anggota baru minimal 2 orang di rayon/komisariat yang minim PMII nya
b.
Menggerakan
Rayon/Komisariat/cabang asal, sendiri atau bersama peserta PKD lainnya, untuk
melaksanakan MAPABA
c.
Membuat laporan rekruitmen
dan pelaksanaan MAPABA tersebut kepada penyelenggara PKD
d.
Sertifikat PKD ditandatangani
mengetahui oleh struktur diatas penyelenggara (jika diselenggarakan PK,
mengetahui PC. Jika diselenggarakan PC, mengetahui PKC)
|
Wajib
|
150 Menit
|
KURIKULUM PKL
No
|
Materi-Materi
PKL
|
STATUS
|
Waktu
|
1
|
PMII Perspektif Ideologi dan
Organisasi
a. Tujuan
Peserta
mampu memahami fungsi ideologi organisasi dalam gerakan PMII.
b. Target
Membentuk kader yang ideologis, memahami
dinamika organisasi dan menjadi solusi dari permasalahan yang ada
c. Pokok Bahasan
1)
Pengertian-pengertian
ideologi secara teoritik dan konseptual
2)
Pengertian
konsep ideologi Aswaja
3)
Garis
perjuangan Aswaja
4)
Refleksi
keorganisasian
5)
Skema
gerakan organisasi PMII menjawab tantangan zaman
|
Wajib
|
150
Menit
|
2
|
PMII Perspektif Kepemimpinan dan Strategi Gerakan
a. Tujuan
Peserta
mampu memahami secara utuh strategi kepemimpinan gerakan PMII dalam jangka
pendek dan jangka panjang.
b. Target
Membentuk kader ahli strategi dan
memiliki kemampuan kepemimpinan yang handal.
c. Pokok Bahasan
2.
Strategi
dan taktik pergerakan untuk mencapai misi PMII
3.
Perangkat
pengetahuan dan ketrampilan kader yang
dibutuhkan dalam menjalankan strategi
dan taktik pergerakan
|
Wajib
|
150
Menit
|
3
|
Panel Materi Ke-PMII-an
a. Tujuan
Peserta
mampu memahami secara utuh PMII dipandang dari seluruh perspektif dan mampu merekonstruksi
gerakan PMII baik di tingkat pengetahuan maupun tingkat ketrampilan.
b. Pokok Bahasan
1.
Kesimpulan-kesimpulan
penting di tiap materi Ke-PMII-an
2.
Relasi
ideologi organisasi, terhadap kualitas kepemimpinan, dan strategi-taktik
pergerakan
|
FGD
|
150
Menit
|
4
|
NU dan Peta Gerakan Islam
a.
Tujuan
Peserta
mampu melihat peta pemikiran dan gerakan Islam di tingkat nasional dan
internasional, mengetahui positioning
NU dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta mampu memposisikan gerakan
PMII dalam peta tersebut.
b. Target
Membentuk kader yang paham peta dan
mewarnai pergerakan
c.
Pokok Bahasan
1.
Pemikiran
dan gerakan Islam di Indonesia dalam sejarah dan masa sekarang
2.
Relasi
pemikiran dan gerakan Islam di Indonesia dengan pemikiran dan gerakan Islam
internasional
3.
Sejarah
dan dinamika NU sebagai organisasi sosial-keagamaan dan kultur politik
4.
Posisi
gerakan PMII di antara gerakan Islam di Indonesia
|
Wajib
|
150
Menit
|
5
|
Pancasila dan Sistem Politik
Indonesia
a. Tujuan
Peserta mampu memahami dan
mengimplementasikan nilai2 pancasila sebagai falsafah bangsa dan asas
organisasi. Peserta mampu memahami system politik di Indonesia.
b. Target
Membentuk kader yang paham ideology bangsa
b. Pokok Bahasan
1.
Sejarah
Pancasila dalam konteks nasional dan geopolitik global (1940an)
2.
Nilai-nilai
Islam Ahlussunnah Wal Jamaah dalam rumusan pancasila
3.
Pancasila
sebagai “ide” dan pandangan hidup berbangsa dan bernegara yang dianggap final
bagi NU
4.
Dinamika
dan perkembangan pancasila sebagai landasan politik di era orde lama, orde
baru, dan orde reformasi
|
Wajib
|
150
Menit
|
6
|
Geopolitik, Geoekonomi dan geostrategic
a.
Tujuan
Peserta
mampu menangkap nilai strategis letak geografis Indonesia dalam bidang
politik dan ekonomi baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
b. Target
Membentuk kader yang paham membaca
peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi nasional dan internasional strategis yang
menuntut sikap organisasi.
c. Pokok Bahasan
1.
Tahap-tahap
perkembangan Sistem Dunia (world system)
2.
Teori
dependensia dan interdependensia
3.
Posisi
Indonesia secara geopolitik, geoekonomi dan geostrategi selama Perang Dingin
dan Era Neoliberal
4.
Misi
gerakan dalam kenyataan geopolitik dan geoekonomi kontemporer
5.
Kualitas-kualitas
kader pergerakan yang dibutuhkan dalam kenyataan geopolitik dan geoekonomi
|
Wajib
|
150
Menit
|
7
|
Antropologi Masyarakat
Indonesia
a.
Tujuan
Peserta
mampu menangkap watak, nalar dan pola perilaku masyarakat Indonesia, mampu
memahami karakteristik masyarakat dimana gerakan PMII berada dan mampu
menangkap energi gerak dan perubahan dari kenyataan sejarah masyarakat
Indonesia.
b. Target
Membentuk kader yang mampu berakulturasi
dengan budaya dan kebiasaan masyarakat dengan tetap memegang prinsip
keislaman.
c. Pokok Bahasan
1.
Warisan
Nusantara-Kerajaan dalam nalar, watak dan pola Perilaku masyarakat Indonesia
2.
Warisan
kolonialisme dalam nalar, watak dan pola perilaku masyarakat Indonesia
3.
Watak,
nalar dan perilaku masyarakat lokal (sesuai sejarah lokal dimana PKL
diselenggarakan)
4.
Pola
gerakan-gerakan sosial di Indonesia dan dunia
5.
Pengaruh
kolonialisme dan masa Perang Dingin dalam pembentukan logika dikotomi nalar
gerakan sosial di Indonesia
6.
Ruang
strategis gerakan PMII dalam kenyataan sejarah masyarakat Indonesia
|
Wajib
|
150
Menit
|
8
|
Kajian Pembangunan Berbasis
Maritim
a. Tujuan
Peserta
mampu menangkap kekuatan dan potensi Indonesia sebagai negeri maritim yang
belum optimal dimanfaatkan.
b. Target
Membentuk kader yang memiliki perspektif
pembangunan maritim
c. Pokok Bahasan
1. Sejarah Nusantara sebagai negeri maritim
2. Study komparasi Negara-negara berbasis maritime
3. Hukum laut dan pengelolaan sumber daya laut di kawasan ZEE dan laut
lepas
4. Kekuatan dan potensi negeri maritime
5. Desain pembangunan nasional berbasis maritime
|
Pilihan
|
150
Menit
|
9
|
Panel Materi Keindonesiaan
a. Tujuan
Peserta
memahami kenyataan dan dinamika masyarakat Indonesia sebagai medan gerak
PMII.
b. Target
Membentuk kader yang nasionalis
religius
c. Pokok Bahasan
1.
Dinamika
dan realitas masyarakat Indonesia
2.
Posisi
dan fungsi gerakan PMII dalam kenyataan masyarakat Indonesia
3.
Kualitas-kualitas
kader yang dibutuhkan dalam menjawab kebutuhan bangsa dan Negara di era
globalisasi
|
FGD
|
150
Menit
|
10
|
Analisis Korporasi
dan Ideology Media
a. Tujuan
Peserta
mampu menganalisis kepentingan koorporasi didalam membentuk opini public
melalui media massa.
b. Target
Membentuk kader yang mampu memetakan
ideology, actor dan kepentingan media dalam melakukan pertarungan wacana
publik.
c. Pokok Bahasan
1.
Ideology
media
2.
Konstruksi
kepentingan koorporasi dan isu dalam media
3.
Teknik
analisis media dan strategi pengemasan isu
4.
Nilai
strategis media sebagai ruang gerakan
|
Wajib
|
150 Menit
|
11
|
Community Organizing
a. Tujuan
Peserta
memahami nilai strategis pengorganisiran masyarakat dalam konteks pergerakan.
b. Target
Membentuk kader yang mampu melakukan
pengorganisasian masyarakat.
c. Pokok Bahasan
|
Pilihan
|
150
Menit
|
12
|
Manajemen
Aset Daerah
a. Tujuan
Peserta
memahami teori dan konsep manajemen aset daerah. Selanjutnya peserta
diharapkan mampu memetakan aset-aset daerah yang ada dan menempatkan diri
sebagai monitor terhadap pengelolaan aset daerah.
b. Target
Membentuk kader yang kritis dalam
membantu kinerja daerah mengelola asset daerah untuk kepentingan masyarakat
c. Pokok Bahasan
1.
Pengertian
manajemen aset daerah
2.
Pemetaan
aset-aset daerah
3.
Posisi
dan peran PMII dalam mengawasi pengelolaan aset daerah
4.
Langkah-langkah
kaderisasi PMII di ruang publik dalam merebut asset daerah untuk kepentingan
masyarakat
|
Pilihan
|
150
Menit
|
13
|
Manajemen Komunikasi dan
Informasi/Pengantar Ilmu Intelejen
a. Tujuan
Peserta
memahami teori dan teknik pengelolaan informasi, cara berkomunikasi, dan
intelejen sebagai pengetahuan.
b. Target
Membentuk kader yang mampu mengelola
informasi dan opini juga dapat berkomunikasi secara efektif
c. Pokok Bahasan
1.
Teknik
pengumpulan data atau informasi
2.
Teknik
mengolah informasi melalui evaluasi, analisis, korelasi, penafsiran, dan
penggunaan
3.
Model-model
komunikasi publik atau massa
4.
Teknik
dasar melakukan propaganda dan counter opini dan informasi yang mengganggu
kepentingan PMII
5.
Intelejen
sebagai pengetahuan
|
Pilihan
|
150
Menit
|
14
|
General Review, RTL dan
Konseling
a. Tujuan
Meninjau
ulang keseluruhan materi yang telah disampaikan dalam PKL dan mengamati
pemahaman peserta terhadap materi secara umum, serta merancang
kegiatan-kegiatan tindak lanjut (follow
up) yang bersifat small group, large group, maupun individual.
b. Target
Mendisiplinkan kaderisasi dalam followup
dan penugasan kader
c. Pokok Bahasan
1)
Memadukan
kesimpulan-kesimpulan bersama yang telah disusun di setiap akhir sesi.
2)
Pemahaman
peserta terhadap materi-materi PKL secara umum.
3)
Merancang
kegiatan tindak lanjut (Follow up).
4)
Penugasan
peserta untuk mendapatkan sertifikat PKL
a. Melakukan
rekruitmen anggota baru minimal 10 orang di
rayon/komisariat/cabang yang minim PMII nya
b. Menggerakan Rayon/Komisariat/cabang asal, sendiri atau bersama peserta
PKL lainnya, untuk melaksanakan MAPABA
c. Membuat laporan rekruitmen dan pelaksanaan MAPABA tersebut kepada
penyelenggara PKL
d. Format Sertifikat PKL ditandatangani mengetahui oleh PB (baik
diselenggarakan oleh PC maupun PKC, mengetahui PB)
|
Wajib
|
150
Menit
|
0 komentar:
Posting Komentar