PMII DAN KEBUMEN

KEBUMEN merupakan salah satu Kabupaten yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah dengan luas sekitar 1.281,115 km2. Suatu daerah yang keberadaannya tepat di pesisir selatan samudera Indonesia. Wilayah Kabupaten ini dikelilingi sebelah barat Kabupaten Cilacap, sebelah utara Kabupaten Banyumas dan sebelah timur Kabupaten Purworejo.
Dengan wilayah yang lumayan strategis itulah, Kabupaten Kebumen terdapat puluhan Pondok pesantren yang merupakan basic pengetahuan ke-Islaman dan spiritual bagi masyarakat. Salah satu tujuan dan prioritas utama pondok pesantren yang ada di Kebumen adalah menciptakan masyarakat pada kuatnya keimanan dan religiusitas secara transendental. Banyak dari para kiyai pesantren menjadi penceramah dan pendakwah yang merupakan sebagai sarana pengembangan dan pengetahuan bagi masyarakat. Banyak dari orang tua juga yang mempercayakan anak-anaknya untuk sekolah dan nyantri di Pondok Pesantren di Kabupaten ini. Dengan pemahaman bahwa pesantren merupakan sarana pendidikan yang out put nya mampu mencetak manusia-manusia yang lebih berkualitas.
Tidaklah dipungkiri sebuah fenomena dan relitas zaman yang berkembang untuk saat ini, tidaklah cukup keimanan dan religiusitas pada diri masyarakat tersebut termanifestasi hanya sebatas kesalehan secara individu, namun haruslah sampai pada kesalehan sosial kemasyarakatan, sehingga balance antara keduanya, yaitu tanggung jawab individu dan sosial.
Dengan keberadaannya, dalam hal ini kabupaten Kebumen mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Seperti potensi agroindustri, mengingat sektor pertanian di Kabupaten Kebumen menjadi prioritas dan mata pencaharian utama masyarakat setempat. Bahkan kontribusi utama terhadap total pembentukan PDRB adalah sektor pertanian. Sementara sektor lain yang juga menjadi potensi unggulan daerah di Kabupaten ini adalah sektor pariwisata karena banyak sekali potensi wilayah pantai yang mempunyai keindahan dan dapat dijadikan sebagai daerah pariwisata.
Dengan potensi alam dan potensi masyarakat yang religius itulah, para pemuda yang terwadahi dalam bingkai intelektual kampus melakukan konsolidasi dan advokasi yang massif agar kabupaten ini benar-benar menjadi kabupaten yang mampu menjembatani pelayanan maksimal terhadap masyarakat melalui kebijakan-kebijakan pemerintah daerah yang tentunya berpihak pada masyarakat, dengan harapan mampu membawa dan mengantarkan segenap masyarakat pada kesejahteraan.
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) sebagai organisasi kepemudaan yang  merupakan manifestasi perwujudan kesadaran beragama, berbangsa, dan bernegara. Dengan kesadaran ini, PMII sebagai salah satu eksponen pembaharu bangsa dan pengemban misi intelektual berkewajiban dan bertanggung jawab mengemban komitmen ke-Islaman dan ke-Indonesiaan demi meningkatkan harkat dan martabat umat manusia dan membebaskan bangsa Indonesia dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan baik spiritual maupun material dalam segala bentuk.
Para pemuda yang tergabung dalam kampus local kita yaitu IAINU Kebumen yang terwadahi dalam bingkai organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) mencoba menciptakan terobosan-terobosan baru dan akselerasi-akselerasi baru melalui gerakan-gerakan massif-progresif penuh solutif dengan pengawalan  melalui gerakan riil di masyarakat dan pengkaderan internal dengan harapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya menjadi generasi kedepan yang mampu membawa perubahan Kabupaten Kebumen kearah yang lebih baik.
Berangkat dari kesadaran inilah PMII Kebumen mencoba dan selalu menjadi pionir perubahan Kabupaten ini dengan jalan intelektual, spiritual dan gerakan empiris dimasyakat.

Tangan Terkepal Maju Kemuka ....!!!

Hidup Mahasiswa,,Hidup PMII.......
 *(PC PMII Kebumen)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar